KESALAHAN EJAAN PADA CERPEN KARYA SISWA DALAM LOMBA MENULIS DI PERPUSDA BANTEN 2024
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8320Keywords:
Kesalahan Ejaan, Cerpen, Tulisan SiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kesalahan penggunaan dan penulisan ejaan yang disempurnakan pada cerpen karya siswa. Padahal, Ejaan yang Disempurnakan merupakan hal yang penting dan menjadi perhatian khusus pada saat menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengklasifikasi kesalahan ejaan pada cerpen karya siswa dalam lomba menulis di Perpusda Banten 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang difokuskan pada kesalahan penggunaan ejaan. Data diambil dari studi literatur berupa cerpen karya siswa dalam lomba menulis yang berjudul, “Mengejar Angka untuk Mimpi” karya Ahmad Fahrisal, “Akhir Bahagia” karya Amanah Ana Tasiya, “Ayla dan Lukanya” karya Farihasahra, dan “Mimpi Hanya untuk Orang Berani” karya Rasyfa Alviana. Melalui metode kualitatif deskriptif, empat cerpem tersebut dianalisis untuk mengungkap kesalahan penggunaan ejaan. Teknis analisis yang dilakukan berupa pengumpulan data, melakukan reduksi atau kategorisasi data, dan pemaparan atau kesimpulan analisis dari data.