PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN LITERASI AKM UNTUK MENINGKATKAN RAPOR MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Ida Arina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adestipa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8275

Keywords:

Quizizz, Literasi AKM, Rapor Mutu Pendidikan Abstract

Abstract

Berdasarkan hasil rapor pendidikan sekolah tahun 2023 di Sekolah SDN Wadas III, nilai AKM untuk Literasi mengalami penurunan. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk dapat meningkatkan hasil nilai AKM Literasi dengan menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat diciptakan melalui penggunaan berbagai macam model atau metode pembelajaran ataupun dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat membuat siswa menjadi bersemangat untuk belajar dan lebih mudah memahami materi. Aplikasi Quizizz merupakan aplikasi yang mendukung pembelajaran, dari pembuatan materi, latihan, dan kuis dengan visual yang menarik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai rapor pendidikan Literasi yang mengalami
penurunan di Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi kuantitatif hasil rapor mutu pendidikan dan kajian pustaka dari beberapa sumber rujukan. Dari hasil penelitian Penerapan model pembelajaran menggunakan media Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data peningkatan kemampuan tersebut diperoleh berdasarkan hasil Rapor pendidikan Tahun 2024 mengalami penaikan untuk kompetensi literasi 3,33 %.

Downloads

Published

2024-12-17

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)