KETIKA SKINCARE BERMEDIA SOSIAL: ANALISIS KONTEN EDUKASI INSTAGRAM AVOSKIN

Authors

  • Riansa Putra Fajri Universitas Paramadina
  • Titis Gandariani Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8225

Keywords:

skincare, konten edukasi, Instagram, Avoskin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten edukasi Avoskin yang terpublikasi di kanal media sosial Instagram ‘avoskinbeauty’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, serta Systematic Documentary Review (SDR). Selain itu, penelitian ini menggunakan Hyperpersonal Communication Theory (HCT) untuk menganalisis konten edukasi Instagram Avoskin. Hasil analisis menunjukkan bahwa Avoskin memanfaatkan konten edukasi Instagram-nya untuk membentuk citra dan reputasi yang positif di tengah persaingan ketat industri skincare dalam negeri. Konten edukasi tentang manfaat bahan tertentu, tutorial penggunaan produk, dan kepedulian terhadap lingkungan, berhasil mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan, seperti kesehatan kulit pengguna, keamanan bahan, dan keberlanjutan lingkungan. Kemudian, HCT pun terlihat diaplikasikan dalam pengelolaan konten untuk menciptakan persepsi positif pada konsumen, (sebagaimana dalil dalam teori HCT) meski produk Avoskin mengandung bahan non-alami. 

Downloads

Published

2024-11-28

Issue

Section

Articles