IMPLEMENTASI EVALUASI DIRI MADRASAH BERBASIS APLIKASI eRKAM DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MA FATHANUL BURHAN TEMPURAN KARAWANG

Authors

  • Undang Ruslan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Saepul Makmun Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dede Agung Rismawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Deni Hardianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dwi Liswantari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8194

Keywords:

Implementasi, e-RKAM, Mutu Pendidikan

Abstract

Proses pengembangan serta peningkatan pengelolaan pendidikan di Indonesia seyogianya berorientasi terhadap mutu pendidikan. Pola pengembangannyapun harus adaptif sesuai dengan tuntutan zaman (disruption era). Dalam hal ini pemerintah harus senantiasa melakukan transformasi dari pendidikan konvensional menuju pendidikan digital. Penjaminan mutu dapat dilakukan dengan perencanaan program kerja yang baik serta pelaksanaan evaluasi diri satuan pendidikan yang jujur dan objektif. Artinya harus ada sistem yang mampu mengakomodir keduanya dalam rangka memastikan penjaminan mutu internal satuan pendidikan berjalan dengan baik. Kemenag RI hadir dengan meluncurkan platform e-RKAM, tujuannya adalah untuk menjawab tantangan tersebut. Aplikasi e-RKAM ini merupakan terobosan yang menggabungkan menjadi satu kesatuan utuh antara pelaksanaan EDM dan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan dan pengorganisasian implementasi aplikasi e-RKAM ini serta bagaimana keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Maka untuk mengetahui kedua hal ini harus dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teknis analisis data triangulasi sumber data agar ke objektifitasannya terjamin. Peneliti memilih MA Fathanul Burhan Tempuran dikarenakan merupakan salah satu MA yang masuk ke dalam fase pertama penerapan e-RKAM dilingkungan Kementerian Agama. Setelah dilakukan penelitian dengan metode tersebut didapatkan hasil bahwa proses perencanaan dan pengorganisasian implementasi aplikasi e-RKAM sudah sesuai dengan pedoman penggunaan dan standar operasional prosedur e-RKAM, kemudian keberhasilan dalam rangka peningkatan mutu pendidikanpun masuk ke dalam kategori baik dengan melihat perbandingan data antara Skor Kinerja Pencapaian Mutu tahun 2023 dan tahun 2024

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)