PERAN AKUN MEDIA SOSIAL BERBASIS CONTENT MARKETINNG PADA MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN PADA ERA DIGITAL (STUDI KASUS KAMPUNG KOPI MERKARBUANA)
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v8i2.7741Keywords:
Content Marketing, Minat Kunjungan, Pariwisata.Abstract
Pariwisata merupakan industri yang berperan penting dalam meningkatkan pendapatan. Indonesia merupakan negara dengan keindahan alam dan keanekaragaman budaya, sehingga industri pariwisata perlu dikembangkan. Di Kabupaten Karawang terdapat daerah Desa Mekarbuana, yang dapat
di ibaratkan sebagai puncak Karawang. Desa ini terletak di puncak pegunungan Sanggabuana. Pemasaran pariwisata pada era digital ini bertumpu pada konten media sosial yang berfokus pada konten travel, ini juga yang menjadi sumber informasi bagi calon pengunjung. Salah satu daya tarik utama
internet adalah media sosial. Media sosial menjadi ruang baru bagi netizen (pengguna internet), pengguna internet dapat berkomunikasi secara online dan bersentuhan langsung dengan netizen lainnya. Penelitian ini menggunakan dua set data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Informasi dasar diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner oleh peneliti kepada responden, penyebaran kuesioner dilakukan secara online. Hubungan antara variabel content marketing dan minat kunjungan adalah 0,822 menunjukkan hubungan yang sangat erat antara variabel content marketing dan minat kunjungan. R square 0,714 atau koefisien determinasi berarti 71,4% minat kunjungan dapat dijelaskan oleh variabel content marketing sedangkan sisanya dijelaskan sebab lain.