PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WONDERLAND ADVENTURE WATERPARK KARAWANG

  • Citra Pratiwi
  • Citra Maudina
  • Azis Kurniawan
  • Ary Wibisono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: Pengaruh dari variabel Event Pariwisata secara parsial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Penelitian ini menggunakan 2 variabel; yaitu event marketing (X) dan Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung pada Wisatawan yang Berkunjung ke Event Wonderland Adventure Waterpark. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling indential . Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, verifikatif, uji normalitas dan analisis regresi . Kemudian variabel dari Event Pariwisata berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Perusahaan Wonderland Adventure Waterpark Kabupaten Karawang mempertahankan variabel dari Event yang merupakan faktor penting dalam menciptakan event menjadi spesial. Perusahaan Wonderland Adventure Waterpark dapat mempertahankan variabel yang digunakan dalam penelitian ini dan menggali lebih dalam lagi yang dimiliki Wonderland Adventure Waterpark dan dapat menerapkan ke dalam event-event yang diselenggarakan sehingga memiliki keistimewaan dan menarik perhatian wisatawan.

Kata kunci : Event, Pariwisata, Event Pariwisata, Keputusan Berkunjung

 

This research aims to clarify: influence of variable Event Tourism partially against the decision of the Visiting tourists. This study uses two variables; IE event marketing (X) and the decision of the Visiting Tourist (Y). The collection of data obtained through the dissemination of the questionnaire directly on tourists visiting the Event Wonderland Adventure Waterpark. The samples used in the study was 100 people respondents. Sampling technique used was sampling indential. The analysis of the data used is descriptive, verifikatif analysis, regression analysis and normality test. Then the variable of influential Tourism Event in partial and significantly to the decision of the Visiting tourists. Based on the results of the study, preferably Company Wonderland Adventure Waterpark Karawang maintains variables from the Event which is an important factor in creating the event be special. Company Wonderland Adventure Waterpark can maintain the variables used in this study and digging deeper owned Wonderland Adventure Waterpark and can implement into events held so have the privilege and attract the attention of tourists.

Keywords: Event, Tourism, Tourism Events, Visiting Decisions

Published
2019-05-01
Section
Articles