UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PECAHAN PADA KELAS RENDAH

  • Nisa Fauziah Nahari Universitas Muhammdiyah Sukabumi
Keywords: Media Kartu Pecahan, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari peningkatan Pemahaman Konsep siswa dengan diterapkannya menggunakan pendekatan Media Kartu Pacahan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang mana pada tindakan siklus I dan II dilakukan secara offline/tatap muka.
Instrument penelitian dilengkapi dengan pengumpulan data berupa hasil tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan peningkatan yang dimana hasil awal memperoleh 23% meningkat menjadi 64%, terdapat peningkatan 41% dari hasil pretes ke siklus I, kemudian setelah dilakukan tindakan siklus II hasil dari pemahaman konsep siswa meningkat menjadi persentase 64% peningkatan tersebut memeperoleh persentase 85% dari hasil siklus I sebelumnya. Hasil temuan ini direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan media Kartu Pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

References

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakrta: PT Raja Grafindo Persada.
Matitaputy, C. (2018). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan
Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119.
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266
Published
2023-11-20
Section
Articles