Peningkatan Kemampuan Mengisi Format Daftar Inventaris Barang Sarana Dan Prasarana Peserta Didik Kelas XII OTKP 2 SMK PGRI Subang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

  • Anggis Wahyu Saepulloh Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: hasil belajar, STAD, sarana dan prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII OTKP 2 SMK PGRI Subang dalam materi mengisi format daftar inventaris barang sarana dan prasarana dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan motede deskriptif persentase.

References

Suryabrata, Sumardi.2005.Psikologi Pendidikan.Jakarta : Rajawali Press
Surya, Mohammad. 1981. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta : Pustaka Bani
Quraisy
Utomo, Nur Citra dan Primiani, C Novi. 2009. Perbandingan Metode Cooperatif Learning
Tipe Jigsaw dan Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar
Published
2023-11-20
Section
Articles