PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEKS DEBAT TERHADAP KREATIVITAS VERBAL PESERTA DIDIK KELAS X
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai “Penerapan Metode Debat Aktif dalam
Pembelajaran Teks Debat terhadap Kreativitas Verbal Peserta Didik Kelas X”. Kemampuan berbahasa
di kalangan peserta didik SMP dan SMA penting adanya. Berbicara di dalam praktik debat dapat
dikategorikan sebagai proses kreatif yang memerlukan keluwesan dalam penyampaian ide atau
gagasan. Kemampuan berbahasa seseorang dalam pelaksanaannya dapat dilihat dari kemampuannya
melihat hubungan atau makna kata pada kalimat serta mengonstruksi kalimat dengan efektif dan
diungkapkan secara lisan. Sekaitan dengan hal tersebut kemampuan kreatif menggunakan bahasa lisan
adalah dengan melakukan praktik debat. Penerapan praktik debat di dalam proses pembelajaran dapat
meningkatkan kreativitas verbal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa berdasarkan hasil
uji Mann Whitney pada tabel statistik, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan
tabel test statistic, perolehan nilai Asymp. Sig pada kelas eksperimen bernilai 0.000, sedangkan kelas
kontrol 0.064. Karena 0.000 < 0,005 maka disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
(kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran teks debat sebelum dan sesudah diberikan
treatment pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran debat aktif, dan karena 0.064 >
0.05 maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar (kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran
teks debat sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas kontrol menggunakan metode
pembelajaran diskusi.
References
Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. Jurnal
Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 222-243.
Citra, D., & Afnita, A. (2019). Kontribusi Penguasaan Kalimat Efektif terhadap Keterampilan
Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, 8(3), 78-83.