PENGARUH MOTIVASI, GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Cut Nurhalizah Aziz Universitas Pendidikan Indonesia
  • Henni Sidabungke Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nahdah Nasya Sahirah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rina Sya’diyyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5370

Keywords:

Kepemimpinan, Situasional, Motivasi kinerja, Lingkungan Kerja,, kinerja karyawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan situasional
dan lingkungan kerja terhadap Kinerja pegawai pada Sekolah Menengah Pertama Nur Al Rahman.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif
explanatory dan inference, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data.
Sampel yang diambil adalah Pegawai pada Sekolah Menengah Pertama Nur Al Rahman sebanyak
34 orang. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi parsial, analisis regresi berganda,
koefesien determinasi, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi, kepemimpinan situasional dan Lingkungan kerja memiliki korelasi
dan hubungan positif terhadap Kinerja Tenaga Kepegawaian di SMP IT AL Rahman.
Kepemimpinan situasional, motivasi, dan lingkungan kerja mempengaruhi Kinerja hanya sebesar
29,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model
penelitian ini.

Additional Files

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles