PENGARUH MOTIVASI, GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan situasional
dan lingkungan kerja terhadap Kinerja pegawai pada Sekolah Menengah Pertama Nur Al Rahman.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif
explanatory dan inference, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data.
Sampel yang diambil adalah Pegawai pada Sekolah Menengah Pertama Nur Al Rahman sebanyak
34 orang. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi parsial, analisis regresi berganda,
koefesien determinasi, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi, kepemimpinan situasional dan Lingkungan kerja memiliki korelasi
dan hubungan positif terhadap Kinerja Tenaga Kepegawaian di SMP IT AL Rahman.
Kepemimpinan situasional, motivasi, dan lingkungan kerja mempengaruhi Kinerja hanya sebesar
29,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk ke dalam model
penelitian ini.
References
Di Smp Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan
Sekolah. 2 (2) hal 118-132.
Ary Sutrichastini. (2015). Pengaruh Motivasi kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat
Daerah Kabupaten Gunungkidul, 23(2).
Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap
Kepuasan Kerja Karyawan. Ilmiah Manajemen, 18(2580–4170), 9–15.
Faizal, R., Sulaeman, M., & Yulizar, I. (2018). Pengaruh Budaya, Motivas Kerja Dan Kompetensi
Terhadap Kinerjakaryawan. Eba, 5(2620–7958), 11–21.
Handoko, Toni H. Penyunting. 1997. Manajemen, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.
Hasibuan, S. M., & Bahri, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi
Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Homepage, 1(1), 71–80.
https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2243