PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU TIDAK TETAP

  • Adi Penawan Universitas Dharma AUB Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi, dan
Motivasi terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang bukan guru SD di Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen
yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 40
responden dengan penentuan sampel menggunakan metode sensus. Teknik analisis dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas dan
reliabilitas semua item pernyataan terbukti valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan
bahwa data berdistribusi tipikal, tidak terdapat multikolinearitas, dan tidak terdapat gejala
heteroskedastisitas pada model regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja, Kompetensi
dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap pada Sekolah
Dasar Negeri di Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen. Kontribusi determinasi diperoleh sebesar 71,7%
yang berarti bahwa variabel Disiplin Kerja, Kompensasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru
Tidak Tetap dapat dijelaskan dengan baik oleh ketiga variabel di atas.

Kata kunci: Disiplin Kerja, Kompensasi, Motivasi Kerja

This study aims to empirically examine the effect of Work Discipline, Compensation, and Motivation on
the Performance of Non-Permanent Teachers, in this study using a quantitative approach. The
population in this study was teachers who were not elementary school teachers in the Gesi sub-district
of Sragen, Sragen Regency, which amounted to 40 people. Data were collected through the distribution
of questionnaires to 40 respondents with the determination of the sample using the census method. The
analysis technique in this study uses multiple linear regression analysis. The results showed that the
validity and reliability of all statement items proved valid and reliable. The results of the classical
assumption test show that the data are typically distributed, there is no multicollinearity, and there are
no symptoms of heteroscedasticity in the regression model. The result of the research shows that Work
Discipline, Competence and Work Motivation have a positive and significant effect on the Performance
of Non-Permanent Teachers in State Elementary Schools in Gesi District, Sragen Regency. The
contribution of determination was obtained at 71.7%, which means that the variables of Work
Discipline, Compensation, and Work Motivation on Non-Permanent Teacher Performance can be well
explained by the three variables above.

Keywords: Work Discipline, Compensation, Work Motivation

Published
2022-11-05
Section
Articles