STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI- NILAI MODERASI BERAGAMA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN RADIKALISME SISWA DI SMAN 1 RENGASDENGKLOK (Jln Raya Kutagandok, Desa Kutagandok, Kec. Kutawaluya, Kab. Karawang 41358
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3023Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan
nilai-nilai moderasi beragama sebagai upaya pencegahan faham radikalisme dan perbuatan yang radikal
pada siswa SMAN 1 Rengasdengklok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif.Populasi yang
digunakan dalampenelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas 11 SMAN 1
Rengasdengklok. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah angket terbuka yang diberikan
kepada siswa sebagai data penunjang, dokumentasi guru dan sekolah mengenai data- data siswa dan data
guru PAI termasuk berkas pengajaran guru Pendidikan Agama Islam. Wawancara yang ditujukan kepada
guru PAI. Observasi dalam menganalisa siswa dan guru baik itu dalam tingkah laku maupun dalam
kegiatan belajar mengajar.Hasil dari penelitian ini setelah pengolahan data, maka strategi pembelajarai
guru PAI yang ada di SMAN 1 Rengasdengklok dalam memberikan pengajaran tentang menanamkan
nilai- nilai moderasi agama sebagai upaya pencegahan radikalisme pada siswa dianggap efektif, hal
tersebut dibuktikan salah satunya dengan tidak adanya indikasi faham radikalisme maupun sikap dan
praktik radikal pada siswa dalam kehidupannya.
Kata kunci: stategi pembelajaran PAI, Moderasi beragama
The study aimed to identify the effectiveness of the learning islamic education teachers in imparting
nilai-nilai religious moderation as efforts to prevent radikalisme ideology and what radical
rengasdengklok school students at 1 .The research is the kind of research kualitatif.populasi used
dalampenelitian it is a whole islamic education teachers and students sman rengasdengklok 11 1.
Engineering the data the research is open survey data to support given to students as , teachers and
schools about documentation data- student data and data including files islamic education teachers
teaching islamic education teachers . Interview aimed at islamic education teachers .Observation in
analysis of students and teachers either in behavior or mengajar.hasil learning activities after
processing data from the study , so the pembelajarai islamic education teachers in public to provide
teaching about 1 rengasdengklok nilai- inculcate religious values moderation sebagaiupaya radikalisme
at the is considered effective prevention , it proved one of them by not an indication of ideology
radikalisme and attitudes and practices at the radical in her life .
Keywords: stategi learning pies , religious moderation