ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI STORE ATMOSPHERE PADA SELAZ CAFÉ & RESTO DAN AROSA CAFÉ & RESTO SUMEDANG

Authors

  • Fariq Fauzi Syarif
  • Farah Oktafani

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v1i2.142

Abstract

Abstrak Kabupaten Sumedang kini menjadi salah satu kabupaten yang terus berkembang, dilihat dari laju pertumbuhan perekonomiannya yang terus meningkat. Hal ini menjadi pendorong terciptanya berbagai café, coffee shop, dan lain sebagainya yang bermunculan di Kabupaten Sumedang, dari sekian banyak kafe yang ada di Sumedang ada dua top of mind menurut masyarakat Sumedang yaitu Selaz Café & Resto dan Arosa Café & Resto keduanya pun memiliki kesamaan dari segi pemilihan lokasi yang strategis, harga yang dapat dijangkau masyarakat sumedang, serta segmentasinya, tetapi memiliki store atmosphere yang berbeda, dengan hal ini perlu dilakukan apakah terdapat perbandingan persepsi konsumen mengenai store atmosphere pada kedua kafe tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan persepsi konsumen mengenai store atmosphere pada Selaz Café & Resto dan Arosa Café & Resto Sumedang yang dalam variabel independen ini terdapat empat elemen yaitu exterior, general interior, store layout, dan interior displays. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan uji beda mann-whitney. Serta menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan sub teknik sampling yaitu incidental sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa terdapat perbedaan persepsi konsumen mengenai store atmosphere kedua kafe tersebut. Kata Kunci: Exterior, General Interior, Interior Displays, Store Atmosphere, Store Layout. Abstract Sumedang District has become one of the district continues to grow, seen from the economic growth rate continues to increase. This becomes the driving the creation of a variety of café, coffee shop, and others that have sprung up in Sumedang, of the many cafes in Sumedang there are two top of mind in the community Sumedang, Selaz Café & Resto and Arosa Café & Resto they both have in common in terms of the selection of strategic location, prices can reach sumedang society, as well as segmentation, but has a different store atmosphere, with these things need to be done if there is a comparison of consumer perceptions about the store atmosphere at both the cafe. The purpose of this study is done to compare consumer perceptions about the store atmosphere on Selaz Café & Resto and Arosa Café & Resto Sumedang in the independent variable, there are four elements of exterior, interior general, store layout and interior displays. This research is a quantitative research using data analysis techniques are different descriptive analysis and Mann-Whitney test. As well as using a sampling technique nonprobability sampling with sub sampling technique that is incidental sampling. Based on the results of data processing, it is known that there are differences in the perception of consumers about store atmosphere both the cafe. Keywords: Exterior, General Interior, Interior Displays, Store Atmosphere, Store Layout.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman dan Muhidin. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Pustaka Setia. Bandung.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., 2012. Retailing Management. New York, America: McGraw-Hill/Irwin

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat, Jakarta.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods for business Edisi I and 2. Salemba Empat. Jakarta.

Sunjoyo, dkk, 2013. Aplikasi SPSS Untuk Smart Riset. Alfabeta. Bandung

Downloads

Published

2017-05-01

Issue

Section

Articles