Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Biaya Pelayanan Jasa Pernikahan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada KUA Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang

  • Dedi Mulyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan biaya pelayanan jasa terhadap kepuan masyarakat pada KUA Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah  pengantin Kecamatan Cikampek yang menikah di luar kantor KUA dengan menggunakan pelayanan jasa pernikahan  langsung dari KUA Kecamatan Cikampek berjumlah 67 pasangan pengantin. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adanya hubungan asosiatif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat besarannya sebesar 0,313, adanya hubungan asosiatif antara biaya pelayanan jasa pernikahan dengan kepuasan masyarakat besarannya sebesar 0,453. Adapun besaran pengaruh total dari variabel bebas : kualitas pelayanan (X1), biaya pelayanan jasa pernikahan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y) dinyatakan oleh besaran koefisien determinasi (RYX)2 sebesar 45,1% sedangkan pengaruh variabel lain di luar model adalah sebesar 54,9%. Untuk pengaruh parsial kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan masyarakat (Y), nilai Sig. (0,005) < α (0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Untuk pengaruh parsial biaya pelayanan jasa pernikahan (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y), nilai Sig. (0,000) < α (0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biaya pelayanan jasa pernikahan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Nilai Sig. sebesar 0,000 yang lebih kecil dari α (0,05). Dengan demikian Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan biaya pelayanan jasa pernikahan (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y).

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Biaya Pelayanan Jasa, Kepuasan Masyarakat

Published
2020-11-01
Section
Articles