PERMASALAHAN DAN REKOMENDASI DALAM PEMBENTUKAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KABUPATEN BEKASI PROVINSI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v1i2.132Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi berbagai permasalahan yang diduga akan dihadapi dalam pembentukan dan pengoperasian Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Bekasi. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan menyusun rekomendasi dalam pembentukan BPSK di Kabupaten Bekasi. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan, permasalahan yang diduga akan dihadapi, yaitu menyangkut aspek anggaran, aspek kepersonaliaan, dan aspek hubungan dengan institusi hukum yang lain. Untuk itu, rekomendasi yang disampaikan antara lain mengenai anggaran yang perlu disiapkan, serta struktur dan komposisi anggota BPSK. Kata kunci: Perlindungan Konsumen, BPSK, Kabupaten BekasiReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, 2010, Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), Direktorat Perlindungan Konsumen, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri.
Badan Pusat Statistik, 2016, Kabupaten Bekasi Dalam Angka 2015, Katalog BPS: 1102001.3216.
Badan Pusat Statistik, 2016, Statistik Daerah Kabupaten Bekasi 2016, Katalog BPS: 1101002.3216.
Dyarini M., Anggia, 2011, Tanggung Jawab Hukum Pelaku Usaha Perangkat Lunak kepada Konsumen: Kajian Perbandingan Lisensi Standard Software, Bespoke Software dan Customized Software, Tesis, Program Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta.
Marwanti, Dwi Ira, 2010, Upaya Perlindungan Hukum bagi Konsumen melalui BPSK dan Peradilan Umum (Studi tentang Perbandingan Efektivitas Mekanisme Penyelesaian Beberapa Sengketa Konsumen melalui BPSK Provinsi DKI Jakarta dan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat), Tesis Program Magister Hukum, Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta.
Nopiana, Medi, Agus Maulana, 2017, Urgensi Pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis “E-Qienâ€, Volume 6 Nomor 1, Februari 2017: 48-55, ISSN: 2503-4413.