KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING (QL) DAN METODE TRUE FALSE GAME UNTUK MENCAPAI KKM PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i2.10199Keywords:
Quantum Learning, True – False GameAbstract
Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah kombinasi model Quantum Learning (QL) Dan metode True False Game dapat membuat siswa mencapai KKM yaitu setelah diterapkan kombinasi model Quantum Learning dan metode True False Game. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5B SD Negeri IV Wadas tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 51 siswa dengan sampel sebanyak 25 siswa yang ditentukan melaui Simple Random Sampling (pengacakan kelas). Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Hipotesis penelitian hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 5B SD Negeri IV Wadas setelah diterapkan kombinasi model pembelajaran Quantum Learning (QL) dan metode True-False Game telah mencapai kriteria ketuntasan minial (KKM)
sebanyak 75% . Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar Bahasa Inggris sebanyak 21 nomer dalam bentuk pernyataan benar/salah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan pengujian hipotesis.