PENGARUH JELAJAH ALAM SEKITAR TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA MA ANNUR MALANGBONG

Authors

  • Muhammad Arya Pradana

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v9i2.10194

Keywords:

Jelajah Alam Sekitar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) Annur Malangbong. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman langsung di lingkungan sekitar, sehingga memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment). Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Aktivitas eksplorasi lingkungan memberikan dampak positif pada pemahaman konsep, kemampuan analisis, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain
itu, siswa lebih antusias dalam mengeksplorasi materi yang diajarkan, terutama yang berkaitan dengan mata pelajaran Pencemaran Lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran berbasis jelajah alam sekitar dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam memperkuat pemahaman konseptual dan keterampilan kritis. 

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Articles