Peran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMPN 1 Telukjambe Barat sebagai Sarana Pembentukan Karakter Berani dan Kreatif : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Penulis

Kata Kunci:

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Karakter Siswa, Nilai-Nilai Pancasila.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai sarana untuk membentuk karakter berani dan kreatif melalui integrasi materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif, untuk memberikan gambaran mendalam mengenai implementasi dan dampak MPLS bagi Siswa Baru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap pelaksanaan MPLS, wawancara dengan pihak sekolah, serta studi dokumentasi terkait kegiatan dan materi MPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPLS di SMPN 1 Telukjambe Barat tidak hanya berfungsi sebagai pengenalan lingkungan sekolah, tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan karakter siswa. Program MPLS dirancang dengan kegiatan yang menekankan pada nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, keadilan, dan tanggung jawab, yang secara langsung memotivasi siswa untuk berani berinovasi dan berkreasi. Penekanan pada kegiatan interaktif dan partisipatif selama MPLS berhasil mendorong siswa untuk mengembangkan keberanian dalam berpendapat serta kreativitas dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa MPLS yang dirancang dengan baik dapat menjadi alat yang efektif dalam pembentukan karakter siswa, mendukung mereka untuk menjadi individu yang berani dan kreatif dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Diterbitkan

2025-02-19