PSIKOEDUKASI KETERAMPILAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMP NEGERI 2 TIRTAMULYA DI DESA BOJONGSARI

Penulis

Kata Kunci:

Breathing Exercise; Psikoedukasi; Regulasi Emosi; Siswa SMP

Abstrak

Regulasi emosi adalah kemampuan untuk mengelola dan mengatur emosi kita sendiri, baik emosi positif maupun negatif. Masa remaja merupakan masa transisi yang penuh gejolak, sering disebut sebagai "storm and stress". Pada masa ini, kemampuan regulasi emosi yang kurang berkembang dapat menyebabkan remaja cenderung mengikuti emosinya dalam berbagai tindakan, yang berpotensi menimbulkan dampak negatif seperti perkelahian dan merugikan lingkungan sekitar. Keterampilan psikologis, seperti manajemen stres dan pengendalian emosi, sangat penting untuk membantu remaja meningkatkan kesehatan mental mereka dan menghadapi tantangan masa remaja dengan lebih baik. Untuk mendukung pengembangan keterampilan psikologis remaja di Desa Bojongsari, program psikoedukasi dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Tirtamulya Desa Bojongsari kecamatan Titramulya Kabupaten Karawang. Psikoedukasi ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam metode regulasi emosi, menggunakan teknik breathing Exercise, yang dipraktikkan melalui role play. Tujuannya adalah untuk membekali siswa SMP dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola emosi dengan lebih baik dan mengatasi tantangan yang mereka hadapi.

Diterbitkan

2025-02-05