INOVASI OLAHAN BANDENG (OBAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI KONTEN DIGITAL DI DESA JAYAMUKTI
Kata Kunci:
Inovasi Bandeng; Perberdayaan UMKM; Konten DigitalAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inovasi produk Oban dapat mendukung pemberdayaan UMKM melalui konten digital seiring dengan perkembangan teknologi digital yang telah mengubah lanskap bisnis dunia, termasuk sektor UMKM. Oban tidak bisa lepas dari dampak transformasi digital ini. Analisis konten digital dan wawancara mendalam merupakan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yang merupakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk baru dan konten digital Oban membantu memperkuat UMKM lokal. UMKM Oban dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan pengenalan merek dan menjangkau pasar yang lebih luas dengan menggunakan strategi pemasaran digital. Hasilnya, kepuasan pelanggan meningkat dan berujung pada loyalitas pelanggan. Namun penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa permasalahan yang dihadapi UMKM Oban ketika mengadopsi konten digital, seperti keterbatasan sumber daya, terbatasnya keterampilan digital, dan ketatnya persaingan dalam pemasaran digital. Oleh karena itu, diusulkan rekomendasi strategis untuk membantu UMKM Oban mengatasi permasalahan tersebut dan meningkatkan produktivitas produk baru Uban melalui inisiatif digital. Penelitian ini memberikan wawasan yang jelas tentang pentingnya peran konten digital dalam memberdayakan UMKM lokal seperti Oban. Hasil yang dicapai diharapkan menjadi landasan bagi pengembangan lain yang memanfaatkan teknologi.