PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UMKM SUSU KEDELAI DI DESA SAMPALAN
Abstrak
Dari segi daya saing UMKM ini berkaita dengan adanya proses produksi UMKM. Proses produksi yang efektif dan efisien harus diterapkan agar dapat mengurangi terjadinya pengeluaran biaya yang besar. Para pelaku usaha perlu mengetahui cara yang tepat dalam menentukan harga pokok produksi yang sebelumnya diketahui dari perhitungan biaya produksi. Tujuan dari perhitungan Harga Pokok Produksi ini yaitu untuk menentukan harga jual produk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan observasi dimana metode ini bertujuan untuk menguraikan, membandingkan, memberikan gambaran kepada pelaku UMKM susu kedelai mengenai Harga Pokok Produksi sebelum dan sesudah memiliki label kemasan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan proses pengambilan data adalah dokumentasi dan wawancara. Dari sini bisa dilihat perbedaan harga jual susu kedelai per botolnya, yang tadinya hanya Rp.5000,- per botol sekarang Ibu Iwang bisa menjual susu kedelai yang sudah mempunyai lebel dan merek Ibu Iwang bisa menjual dengan harga Rp.11.500,-. Berdasarkan hasil pembahasan Harga Pokok Produksi tersebut mempunyai permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha susu kedelai Ibu Iwang yaitu menentukan harga jual dengan menyesuaikan harga pasaran dan terjadi perubahan harga jual ketika produk susu kedelai milik Ibu Iwang ini mempunyai label atau merek.