INOVASI PENGEMBANGAN UMKM DESA SINDANGMUKTI DENGAN MEDIA PAMFLET MENUJU PEMASARAN DIGITAL

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu peningkatan strategi ekonomi adalah terhubung dengan basis online untuk mempermudah dari segi pemasaran maupun penjualan. Proses pengenalan produk lebih efektif direalisasikan dalam bentuk iklan promosi pada media sosial berupa postingan, gambar, dan frame video kemudian didistribusikan ke dalam media sosial. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang harus dilakukan umkm Aneka macam keripik dan Rempeyek guna mempertahankan bisnisnya di masa yang serba digital. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunaakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan yang dilakukan penulis mengungkapan bahwa promosi yang dilakukan dengan membantu desain Pamflet dan memperbaharui kemasan dengan logo dan desain yang kreatif, juga menarik bisa dapat membantu meningkatkan penjualan dan bisa mempertahankan penghasilan UMKM dengan memasarkannya melalui media sosial bisa dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk.

Diterbitkan

2023-02-16