PEMANFAATAN PEMASARAN MELALUI MEDIA ONLINE PADA UMKM KERUPUK ALMA JAYA DI DESA SINDANGSARI
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan cara mengajak mahasiswa untuk turun ke lapangan membantu masyarakat secara langsung. Mahasiswa bebas mencoba untuk memecahkan berbagai permasalahan di desa yang telah dipilih. KKN ini didasari pada Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 20 Ayat 2 yang menyatakan bahwa, “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif untuk menggambarkan masalah yang sedang berlangsung. Teknik pengambilan data ini menggunakan data primer, yang mana data diperoleh secara langsung dari objek penelitian yang berada di Desa Sindangsari, Kecamatan Kutawaluya. Dan sumber data ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi secara langsung ke pemilik UMKM Kerupuk Alma Jaya milik Ibu Wati di Desa Sindangsari. UMKM kerupuk ini dalam sistem pemasarannya hanya memasarkan produk secara offline dari warung ke warung dengan harga perpack Rp. 10.000 isi 10 pcs. Media sosial dapat dimanfaatkan menjadi strategi online marketing oleh Ibu Wati untuk memperluas pemasaran dan memberikan informasi produk secara jelas kepada konsumen dengan memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook, atau menggunakan marketplace untuk menjual produk seperti shopee, tokopedia, lazada, dan lain-lain. Strategi online marketing memiliki beberapa tahapan, yaitu: penginstalan aplikasi, pembuatan akun, pembuatan konten produk secara berkala, dan menjalin serta menjaga komunikasi yang baik dengan para konsumen.