UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PAPAN BERHITUNG SDN JATIMULYA 1
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya meningkatkan minat belajar siswa di SDN Jatimulya 1. Hal ini disebabkan oleh peran guru dalam menerapkan strategi dan metode mengajar guru yang masih konvensional saat pembelajaran . Oleh karenanya diperlukan strategi dan metode bahan ajar yang tepat untuk bisa mengajak anak fokus dalam memperhatikan guru khususnya dalam pembelajaran dikelas. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan minat belajar berhitung siswa dengan menggunakan media papan berhitung tujuannya untuk mengembangkan minat belajar siswa . Papan berhitung merupakan sebuah media yang dibuat untuk memudahkan serta mengembangkan berhitung permulaan contohnya seperti berhitung perkalian dalam pembelajaran matematika . Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 21 siswa kelas III yang dilakukan pada tanggal 28 Juli 2022 tepatnya di SDN Jatimulya 1 . Dengan dilakukan pengabdian masyarakat ini diharapkan siswa siswi SDN Jatimulya 1 bisa termotivasi untuk meningkatkan minat belajar khususnya dalam pembelajaran berhitung . Hasil penelitian menunjukan Setelah dipraktikan langsung menggunakan papan berhitung anak-anak sangat antusias karena dalam proses pembelajaran anak-anak bisa lebih paham dan bisa mempraktikan langsung cara berhitung perkalian menggunakan media papan berhitung.