PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENGENALKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA DI DESA KARANGJAYA

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di Rumah Konsultasi Belajar di Desa Karangjaya. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Guru mengenalkan nilai-nilai Pancasila dengan memasukkannya dalam metode mengajar, sikap terhadap siswa, dan kegiatan rutin sekolah. Guru selalu mengingatkan siswa yang melanggar nilai-nilai Pancasila. Faktor pendukung dari mengenalkan nilai-nilai Pancasila yaitu adanya kesadaran dan dukungan dari orang tua, guru, serta lingkungan tempat tinggal yang mendukung. Hambatan yang dihadapi adanya beberapa anak yang sulit dinasehati dan kebiasaan anak diluar sekolah yang kurang baik. Dengan mengatasi hambatan tersebut guru terus melakukan pembiasaan, bimbingan, dan pembinaan kepada anak.

Diterbitkan

2023-02-13