UPAYA PEMANFAATAN WHATSAPP BISNIS DALAM PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK PISANG TEH NUR DI DESA KARANGJAYA

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Media sosial adalah alat atau sarana yang dapat diakses oleh semua orang tanpa adanya batasan waktu dan jarak selama terdapat jaringan internet. Adanya media sosial yang mempunyai akses luas, mudah, dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk-produknya sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Objek dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah Keripik Pisang Teh Nur yang berada di Desa Kangjaya. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam pengembangan UMKM.

Tujuan dari kegiatan penelitian ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya Digitalisasi melalui media sosial seperti membuka toko di Instagram, Tiktok, Facebook maupun Whats.app Bisnis yang dapat memberikan atau dorongan penjualan produk sehingga diharapkan omset penjualan semakin meningkat. Metode penelitian yang digunakan untuk penulisan artikel ini adalah metode penelitian kualitatif yang disusun secara deskriptif. Oleh karena itu, peran teknologi diperlukan dalam mendorong keberhasilan perusahaan untuk memperluas akses pasar melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis media sosial terutama dalam pemanfaatan WhatsApp Bisnis yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pemasaran modern.

Dengan adanya program Kuliah kerja Nyata diharapkan kegiatan penyuluhan dan pelatihan tentang pengembangan UMKM di Desa Karangjaya melalui media sosial berupa WhatsApp Bisnis dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya media sosial dalam mengembangkan bisnis sekaligus mengikuti perkembangan zaman dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

 

Diterbitkan

2023-02-13