PENGARUH SOSIALISASI PERKEMBANGAN USAHA TERHADAP MOTIVASI KERJA PELAKU USAHA DI DESA KARANGJAYA

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Motivasi merupakan faktor utama individu dalam melakukan segala tindakan atau pekerjaan untuk mencapai hasil seoptimal mungkin, motivasi disini fokus pada motivasi kerja yang merupakan suatu kondisi atau keadaan yang mempengaruhi seseorang untuk terus meningkatkan, mengarahkan serta memelihara perilakunya yang berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan lingkungan kerjanya (Adisthy 2018). Indikator motivasi kerja menurut Clelland’s (dalam Farizki, 2017) yaitu insentif, motif dan harapan. bagi para pelaku usaha hal hal itu menjadi penting untuk keberlangsungan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah pemberian sosialisasi kepada pelaku usaha mengenai bagaimana cara ubtuk mengembangkan usaha dengan beradaptasi pada perkembangan teknologi untuk meningkatkan motivasi yang didalamnya terdapat harapan yang baik untuk pelaku usaha. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, sebagian pelaku usaha yang mengaku sudah berhenti berusaha sehingga mempunyai keinginan untuk kembali melanjutkan usahanya dan pelaku usaha lain yang lebih berkembang dari sebelumnya dengan memasarkan produknya ke pasar dan media yang lebi luas dengan motivasi kerja yang lebih baik.