PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM UPAYA PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL UNTUK PELAKU UMKM DI DESA KERTARAHARJA
Abstrak
Teknologi sangat berpengaruh dalam kegiatan masyarakat baik dalam segi komunikasi maupun jual beli. Media sosial berpotensi untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Hadirnya berbagai macam paltform belanja online (digital) menjadi pasar potensional bagi siapa saja khususnya pelaku UMKM untuk ikut serta dalam memasuki dunia digital tersebut. Pelaku UMKM di Desa Kertaraharja mengalami kendala dalam pemasaran produk maka dari itu pemanfaatan media sosial bertujuan untuk menjadi wadah dari pada produk UMKM, yang berfungsi untuk memasarkan dan mempromosikan produk UMKM dari Desa Kertaraharja. Media sosial ini dibuat dengan harapan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran kepada para konsumen. Pada proses pembuatan media sosial UMKM, digunakan metode observasi, karena harus mempunyai data terkait produk, jenis produk, harga produk yang dihasilkan UMKM. Dengan dibuatnya media sosial UMKM Desa Kertaraharja diharapkan bisa menjadi wadah pembangunan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM yang tujuannya untuk meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat di Desa Kertaraharja.