PERANCANGAN PACKAGING, REDESIGN LABEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM OPAK PAK UUS
Abstrak
Perkembangan industri di Indonesia memberikan perubahan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bersaing memenuhi kebutuhan konsumen. Obyek penelitian ini pada UMKM OPAK Pak Uus di Desa Puspasari Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang dengan berbahan dasar beras ketan yang diolah menjadi makanan ringan Rengginang. UMKM OPAK Pak Uus memiliki peluang masuk di pasar swalayan. Namun identitas UMKM OPAK Pak Uus masih belum jelas dalam penerapan visualnya. Sehingga perlu meredesain label yang memiliki kekuatan identitas citra produk OPAK. Upaya redesain dan media promosi dalam meningkatkan daya beli masyarakat adalah bagian dari proses mengungkap problematika yang dihadapi oleh UMKM OPAK Pak Uus, terutama bertujuan peningkatan citra produk makanan ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil lapangan digunakan untuk analisis SWOT. Hasil yang di dapat dari strategi pengembangan yaitu penyediaan bantuan permodalan dari pemerintah, melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan skill dan keilmuan UMKM, pengembangan kemitraan untuk mengembangkan UMKM lebih besar, mengembangkan promosi untuk mengenalkan sebuah produk dan perlunya lembaga khusus UMKM di Desa Puspasari untuk membantu sarana, prasarana dan jaringan usaha.