MEMBANGUN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI UMKM PASIRAWI
Abstrak
Berbagai masalah penjualan yang terjadi ditemui pada UMKM Rizky Ridho, Salah satunya pemasaran produk yang hanya dijual didaerah Pasirawi. Penjual UMKM Pasirawi kerupuk kering mempunyai keinginan untuk memperluas penjualan produknya, namun karena minimnya pengetahuan teknologi, penjualan produk kerupuk kering masih sebatas di kota itu saja. Keterbatasan pemasaran produk menjadi kendala dalam meningkatkan omset penjualan dan penjualan yang masih dilakukan secara manual yang akan berdampak buruk sehingga memperhambat proses penjualan. Tujuan khusus dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian pada masyarakat di Desa Pasirawi Kecamatan Rawamerta adalah membantu pemerintah desa dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan pada pelaku UMKM yang terdampak akibat pandemi COVID-19 berbasis website atau toko online. Pada analisa kebutuhan, sasaran objek penlitian ini merupakan pemilik dari UMKM Rizky Ridho. Selanjutnya, Analisa ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan obervasi yang dilakukan sebelumnya. Menghasilkan sebuah temuan untuk membantu mengembangkan penjulan menggunakan teknik pemasaran secara online yang dapat mencapai cakupan pasar tingkat nasional. Hasil dari adanya toko online ini, mampu mengatur semua kegiatan penjualan produk dan dapat meningkatkan penjualan produk hingga luar daerah.