SOSIALISASI DESAIN PRODUK SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DESA PASIRAWI

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

 

UMKM memiliki fungsi strategis dalam perekonomian nasional. UMKM menjadi sistem ekonomi kerakyatan untuk mengurangi permasalahan kemiskinan dan pengembangannya mampu memperluas perekonomian daerah dan ketahanan nasional. Di era digitalisasi hari ini yang seharusnya dapat mempermudah para pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran dengan pemanfaatan media digital namun pada kenyataan yang penulis temukan dilapangan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Pasirawi masih banyak pelaku UMKM yang belum sadar akan penggunaan media digital dalam melakukan pemasaran produknya. Selain itu, pelaku UMKM di desa Pasirawi belum begitu sadar akan pentingnya sebuah desain produk pada usahanya. Padahal desain produk merupakan nilai yang terkandung dalam suatu produk dan berupa penampilan produk yang khas, menarik serta menjadi pembeda dengan pesaing produk. Dari Masalah diatas penulis mengadakan sosialisasi desain produk sebagai media pendukung pemasaran digital pada UMKM desa Pasirawi dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pemanfaatan teknologi pemasaran berbasis digital, terutama memberikan pengetahuan dalam membuat desain produk pada sebuah aplikasi Canva agar dapat mempermudah membuat konten produk dalam pemanfaatan pemasaran berbasis digital. Sosialisasi ini diikuti oleh para pelaku UMKM, Ibu PKK, dan masyarakat desa Pasirawi, kecamatan Rawamerta. Hasil yang dicapai para peserta sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini dan akhir dari kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan motivasi berwirausaha juga mensadarkan akan pentingnya digitalisasi.

 

Diterbitkan

2023-02-08