PEMANFAATAN MEDIA WEBSITE SEBAGAI SARANA DIGITAL MARKETING UMKM DI DESA PANYINGKIRAN
Abstrak
Pandemi COVID-19 membuat banyak kegiatan masyarakat dan berbagai macam sektor terkena dampak dari wabah tersebut, sehingga membuat beberapa sektor penting mengalami penurunan yang drastis. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor ekonomi. Sektor ekonomi menjadi yang mendapatkan dampak paling terasa terutama bagi pelaku UMKM. Pelaku UMKM Desa Panyingkiran mengalami kendala dalam pemasaran produk karena pada keadaan COVID-19 mereka terdampak penurunan penjualan yang cukup drastis. Maka dari itu pemanfaatan media Website UMKM Desa Panyingkiran bertujuan untuk menjadi wadah bagi para pemilik UMKM, yang berfungsi untuk memsarkan dan mempromosikan produk UMKM dari Desa Panyingkiran. Wevsite ini dibuat dengan harapan dapat mengatasi permasalahan dan dapat memasarkan dan mempromosikan produk secara luas kepada masyarakat. Pada proses pembuatan Website UMKM, digunakna metode Observasi, karena perlu memiliki data terkait produk, jenis produk, serta harga produk yang dihasilkan UMKM. Dengan adanya Website ini diharapkan dapat meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat di Desa Panyingkiran.