STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA BIDANG TEKNOLOGI DI ERA DIGITALISASI PADA PELAKU USAHA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA PURWAMEKAR
Abstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) Sambel Mak Banih yang telah berdiri sejak tahun 1984 dengan memproduk Sambel Sereh. Kegaitan ini bertujuan untuk membantu mengembangkan proses pemasaran UMKM Sambel Mak Banih dengan menggunakan perkembangan digitalisasi yang ada, seperti pemanfaatan social media dan berbagai macam marketplace sebagai alat untuk memasarkan produk Sambel Mak Banih, yang terletak di Desa Purwamerkar Kabupaten Karawang. Dalam melaksanakan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, metode wawancara, metode observasi, metode survei tempat umkm, dokumentasi, ciri khas dari produk umkm, serta segala informasi yang berkaitan dengan produk umkm Sambal Mak Banih. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terwujudnya proses pemasaran Sambal Mak Banih dengan pemanfaatan digitalisasi yang ada. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini memberikan pelatihan tentang cara mengkreasikan produk makanan yang lebih mempunyai nilai jual tinggi, melakukan branding pada produk, dan pemasaran melalui digital marketing. Hasil yang didapatkan setelah adanya Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Buana Perjuangan Karawang ini adalah meningkatkan pemasaran produk dengan menggunakan platform di era digitalisasi saat ini. Dengan menciptakan inovasi baru terhadap produk yang akan di pasarkan seperti hal nya perubahan dalam packaging yang semula tradisional menjadi modern agar masyarakan lebih tertarik untuk membeli