PEMANFAATAN ENDORSE UNTUK PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK UMKM KOPI SANGGABUANA MENGGUNAKAN INSTAGRAM DI DESA MEKARBUANA

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

 

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu prioritas pengembangan di setiap Negara. Hal ini disebabkan oleh besarnya sumbangsih UMKM terhadap negara khususnya dalam bidang ekonomi dan sosial. Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara. UMKM tersebut tersebar di banyak daerah, tak terkecuali di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang memiliki UMKM yang bergerak pada bidang produk kopi. Sampai saat ini pemasaran yang digunakan masih bersifat konvesional, padahal mereka sudah memiliki beberapa akun media sosial dan platform untuk berjualan secara online. karena ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM kopi sanggabuana, yaitu kurangnnya kemampuan pelaku UMKM di Desa Mekarbuana dalam memasarkan produk menggunkan media online seperti pe,asaran melalui Instagram. Selain itu, terbatasnya informasi tentang bagaimana cara melakukan pemasaran konten melalui Instagram yang tepat guna dan sasaran oleh pelaku UMKM Kopi sanggabuana untuk meningkatkan brand awareness pada produk yang dijual melalui konten-konten yang di publish melalui Instagram. Tujuan dari sosialisasi atau pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan Instagram sebagai srategi dalam memasarkan produk, khususnya tentang bagaimana cara memanfaatkan endorse yaitu diharapkan strategi pemasaran menjadi lebih optimal dan tepat sasaran.untuk memenuhi kebutuhan UMKM kopi sanggabuana maka dilakukan sosialisasi pemanfaatan endorse pada media sosial Instagram sebagai media pemasaran digital produk oleh mahasiswa pengabdian masyarakat. Metode yang digunakan berupa penyampaian materi mengenai sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan endorse untuk pemasaran digital pada Instagram. Hasil dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah Meningkatnya potensi pelaku UMKM kopi sanggabuana dalam memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran.

Diterbitkan

2023-02-06