PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM DI DESA CINTALANGGENG
Abstrak
Di Indonesia, UMKM merupakan salah satu sektor penopang perekonomian. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada tahun 2013 UMKM menyumbangkan kontribusi yang sangat signifikan terhadap perekonomian. UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Pada kondisi pandemi yang dihadapi Indonesia menambah jumlah pengangguran. Dalam era globalisasi saat ini, penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi dapat meningkatkan transformasi bisnis melalui kecepatan, ketepatan dan efisiensi pertukaran informasi dalam jumlah besar dapat dikatakan bahwa sebagian fungsi kegiatan yang manusia yang dulu harus dilakukan secara offline, kini sudah tergantikan setelah masukkan zaman media sosial. Juga dengan media sosial memungkinkan individu untuk membangun profil publik atau semipublik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.