EDUKASI PENTINGNYA SOSIAL MEDIA BAGI PARA PENJUAL UMKM DI DESA SUMBERJAYA
Abstrak
Globalisasi menjadi tantangan bagi UMKM untuk terus bertahan. Teknologi Informasi terutama media sosial menawarkan manfaat bagi UMKM untuk meningkatkan pemasarannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi penggunaan media sosial dan manfaatnya pada UMKM di wilayah Sumberjaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan menggunakan metode Triangulasi, yang menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap UMKM serta media sosial yang digunakan. Subyek dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang paling banyak digunakan adalah website, Facebook, Instagram, Whatsapp. Media sosial dimanfaatkan sebagian besar UMKM untuk mengadakan kontak personal dengan konsumen, promosi, mendata kebutuhan konsumen dan menyampaikan respon ke konsumen. Sosial media merupakan media komunikasi yang efektif bagi UMKM, dapat meningkatkan pasar dan membantu keputusan bisnis. Penggunaan media sosial dapat meningkatkan volume penjualan hingga lebih dari 100% bila dilakukan konsisten dan dilakukan update informasi setiap hari. Kesimpulan dari penelitian ini, media sosial berpotensi untuk meningkatkan pangsa pasar dan volume penjualan, sehingga perlu dimanfaatkan secara optimal dan konsisten