PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilakukan saat melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa sumberjaya kecamatan tempuran kabupaten karawang, penulis berinisiatif untuk berkunjung ke salah satu sekolah dasar di desa tersebut yaitu SD Negeri Sumberjaya 1 yang bertujuan untuk melihat bagaimana keaktifan siswa saat pembelajaran dimulai. Setelah mengamati siswa kelas IV belajar bersama gurunya ternyata siswa kurang aktif dan monoton oleh karena itu penulis membuat judul penelitian penerapan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumberjaya , metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada siswa kelas IV berjumlah 35 siswa. Penerapan metode diskusi terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, siswa menjadi lebih menghargai teman, keberanian mengemukakan pendapat, serta siswa terlatih beragumentasi. Kesimpulannya melalui proses diskusi seperti membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil dapat memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk aktif selama pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat langsung menyelesaikan masalah atau tugas-tugs yang diberikan guru dan berujung pada optimalnya hasil belajar.

Diterbitkan

2023-02-02