PENERAPAN MANAJEMEN DIGITAL MARKETING PADA UMKM OLEH-OLEH KUE KERING IBU EVI DI DESA DAYEUHLUHUR

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Kegiatan Kuiah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022 bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Buana Perjuangan Karawang. KKN ini dilaksanakan pada tangga 01 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022 yang ditempatkan di Desa Dayeuhluhur Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Tujuan dari KKN ini adalah penerapan manajemen digital marketing pada UMKM di Desa Dayeuhluhur. Tujuan dari pengamatan dan observasi ini adalah untuk pelaku usaha agar dapat mengembangakan usahanya dengan lebih optimal dan menjadi lebih strategis dalam mempromosikan produk melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitiatif yaitu dengan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, dokumentasi, serta tinjauan pustaka yaitu teknik pengumpulan data dengan membaca buku dari sumber teori yang berhubungan dengan masalah yang dibahas, dan sebagai refrensi dalam penyusunan laporan akhir. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan serta penelitaian pada UMKM Oleh-Oleh Ibu Evi adalah penerapan serta pembuatan platform untuk kegiatan pemasaran digital seperti facebook dan instagram bagi pelaku usaha serta penyediaan papan tulis untuk pendataan absensi karyawan. Dari hasil kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM dapat menggunakannya dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan pendapatan, dan dapat memperluas jangkuan pemasaran serta penjualan produk dan dapat diketahui oleh masyarakat dengan jangkuaan lebih luas.

Diterbitkan

2023-02-01