SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DESA LEMAHKARYA
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk implementasi mahasiswa dalam menjalankan Tridharma Perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN, peneliti memilih salah satu UMKM yang berada di Desa Lemahkarya untuk dijadikan bahan penelitian serta bermaksud memberikan inovasi terbaik bagi UMKM tersebut.
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan usaha yang didirikan oleh sekelompok orang atau individu untuk membantu perekonomian masyarakat sekaligus membuka lapangan pekerjaan. Cemilan Bu Omis merupakan suatu usaha mikro kecil menengah yang didirikan dengan cara memberdayakan masyarakat Desa Lemahkarya , kecamatan Tempuran dengan memproduksi rengginang, opak , keripik bawang ,dan rempeyek . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana hasil penelitian dapat dijelaskan secara spesifik. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif promosi di media sosial pada UMKM di Desa Lemahkarya untuk meningkatkan penjualan.
Promosi produk yang dilakukan yaitu dengan membuat akun media sosial instagram yang bertujuan agar konsumen lebih tertarik dan dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.
Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.
Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di era digital merupakan hal yang penting saat ini, hampir seluruh perusahaan membutuhkan teknologi digital untuk memudahkan proses pekerjaan yang dilakukan.