STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA LEMAHSUBUR MELALUI DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

 

Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia saat ini terus meningkat di setiap tahunnya. Hal tersebut memiliki dampak positif dalam bidang usaha UMKM. Namun karena Indonesia masih berstatus pandemi Covid-19, tentu menjadi suatu ancaman bagi pelaku UMKM yang mulanya berjualan secara konvensional, kini harus beralih ke digital. Hal tersebut membuat banyak UMKM yang berhenti karena kehilangan konsumennya, namun ada juga yang tetap menjalankan usahanya dengan memanfaatkan digitalisasi pemasaran. Peralihan belanja ke media digital memberikan banyak manfaat karena pelaku UMKM dapat memasarkan produknya dengan luas. Namun berbeda dengan UMKM di Desa Lemahsubur yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan media digital sehingga perlu menata strategi pemasaran agar usahanya tetap berkembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan beberapa strategi pemasaran dengan pemanfaatan media digital seperti pentingnya upgrade kemasan, memanfaatkan market place dan media sosial serta membuat iklan produk yang menarik. Strategi pemasaran tersebut diharapkan mampu membantu UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan penjualan UMKM yang ada di Desa Lemahsubur.

 

Diterbitkan

2023-01-31