PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMPROMOSIKAN DAN MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM
Abstrak
AbstrakPesatnya perkembangan teknologi dan informasi, orang perlu belajar tentang internet dan selalu berkaitan dengan internet setiap saat. Gaya hidup saat ini yang sedang berkembang ialah berbelanja lewat internet atau yang lebih dikenal e-commerce. E-commerce juga dapat digunakan oleh usaha micro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai digital marketing. Melakukan penelitian ini untuk pengenalan manfaat digital marketing untuk mempromosikan dan meningkatkan kemampuan bersaing UMKM di Desa Cikuntul, Tempuran, Karawang. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing mampu menambah omset UMKM, sehingga pemasaran produk UMKM lebih gampang dikenali dan menarik pelanggan yang lebih luas. selain itu, pemanfaatan digital marketing mampu mengurangi biaya iklan dan mempercepat transaksi. Pada akhirnya hal ini akan dapat mempromosikan dan meningkatkan kemampuan bersaing kepada UMKM di Desa Cikuntul, Tempuran, Karawang, Jawa Barat.