PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI PENJUALAN PADA UMKM DI DESA GEMPOLKARYA
Abstrak
Usaha Mikro Menengah merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh semua masyaraka, UMKM juga merupakan jenis usaha yang dapat mengatasi perekonomian masyarakat Indonesia. Selain itu UMKM juga dapat mengatasi pengangguran. Usaha Mikro Kecil Menengah salah satu hal terpenting yang dapat menentukan kesuksesan suatu bisnis ialah pemasaran (marketing). Pemasaran membantu memperkuat sebuah bisnis, bahkan bisnis yang sudah besar pun tetap mengandalkan pemasaran untuk menjangkau pelanggan. Tidak peduli seberapa hebat produk atau layanan yang ditawarkan suatu bisnis, jika orang-orang tidak mengetahui keberadaan bisnis tersebut maka akan sulit bagi bisnis tersebut untuk meraih kesuksesan. Selain membangun kesadaran merek, pemasaran juga dapat meningkatkan penjualan dan menumbuhkan bisnis. Dengan pemasaran yang baik, pelanggan bisa memahami keunggulan produk atau layanan yang ditawarkan suatu bisnis dibanding produk atau layanan milik bisnis pesaingnya. Pemasaran bisa jadi sarana yang digunakan untuk menciptakan serta mempertahankan permintaan dan reputasi suatu bisnis. Tanpa pemasaran yang baik, suatu bisnis berpeluang gulung tikar hingga tutup karena kurangnya laba dan penjualan. Di era yang serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop. Contohnya seperti Shoppe, Instagram, Facebook dan WhatsApp. Pelaku UMKM di Desa Gempolkarya belum melakukan penjualannya melalui digital marketing.