PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SDN KUTAMAKMUR 1
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan teknologi dapat mempengaruhi kemampuan interaksi sosial siswa SDN Kutamakmur 1. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan mengikuti tahapan sebagai berikut: reduksi data adalah proses pemilahan, pemusatan dan penyederhanaan, kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget tidak hanya mempengaruhi pola pikir, tetapi juga mempengaruhi perilaku anak-anak terutama siswa SD, gadget sangat mempengaruhi perkembangan siswa SDN Kutamakmur 1 terutama dalam kemampuan interaksi sosial. Ketergantungan terhadap gadget pada anak-anak disebabkan karena lamanya durasi bermain gadget dan kurangnya pengawasan dari orang tua. Bermain gadget dengan durasi yang cukup lama dan dilakukan setiap hari, memberikan dampak negatif dan membuat anak-anak berkembang kearah yang antisosial, sehingga mereka asik dengan dunianya sendiri dan kurang berinteraksi dengan lingkungannya, tidak peduli sekitar ataupun bermain dengan teman-teman sebayanya. Hal ini tentunya dapat membahayakan perkembangan sosial pada anak-anak.