ANALISIS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Perkembangan smartphone pada siswa sudah sangat pesat untuk saat ini, smartphone adalah media yang digunakan sebagai sarana komunikasi modern. Smartphone tidak hanya mempengaruhi pola pikir atau perilaku orang dewasa, tapi juga mempengaruhi tingkah laku anak usia dini. Intinya, anak usia dini cenderung senang dengan hal- hal baru , dapat di lihat dengan banyaknya siswa Sekolah Dasar yang lebih memilih menggunakan smartphone untuk bermain dibandingkan bermain secara langsung dengan teman sebayanya, dengan bermain smartphone dapat menghabiskan waktu. Tentunya ini mempengaruhi perkembangan anak, terutama dalam pengembangan interaksi sosial. Interaksi sosial dapat diartikan sebagai hubungan yang terjadi dalam kelompok induvidu yang saling berhubungan baik dalam komunikasi maupun aksi sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial di Sekolah Dasar khususnya di kelas II SDN Lemahsubur 1 Kabupaten Karawang. Penelitian dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dan mengambil subjek penelitian 10 siswa yang mempunyai smartphone dari jumlah 27 siswa dan 3 siswa untuk subjek wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah laporan observasi serta wawancara. Teknik analisis data diambil dari hasil wawancara dengan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial di sekolah dasar baik, hanya perlu diberikan pengarahan selalu oleh guru dan orang tua kepada siswa untuk selalu berinteraksi sosial dengan sesama.