INOVASI STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA CIKUNTUL
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dalam beberapa tahun terakhir telah mengubah ruang lingkup dunia pemasaran. Teknik komunikasi pemasaran yang dulunya tradisional dan konvensional kini terintegrasi dengan dunia digital yang berdampak pada dunia pemasaran (Mohamad trio febriyantoro, D.A.2018). Di era sekarang ini, strategi pemasaran berbasis digitalisasi merupakan solusi yang memungkinkan para pemangku kepentingan UMKM untuk menggunakan media digital sebagai salah satu kegiatan pemasaran produk mereka, dan konsumen menjadi akrab dengan produk yang diproduksi oleh UMKM tersebut. Situasi UMKM di desa Cikuntul menunjukkan bahwa UMKM masih menggunakan teknologi offline sederhana untuk pemasaran tanpa bantuan teknologi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode sosialisasi dan penyuluhan .kegiatan ini menjelaskan tentang materi “Inovasi Digital Marketing dan Manajemen Resiko”. Selain itu dijelaskan juga mencakup proses pendaftaran dan penggunaan platform media sosial sebagai sarana untuk menggunakan digitalisasi untuk mendorong strategi pemasaran agar produk UMKM tersebut lebih luas jangkauan pasar nya. Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang disponsori oleh Universitas Buana Perjuangan Karawang yang melakukan kegiatan sosial dan penyuluhan offline di Balai Desa Cikuntul. Analisis data ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan pada hipotesis apriori yang memiliki keterbatasan dalam memecahkan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil survei, pelatihan ini menunjukkan bahwa para pelaku bisnis sangat aktif. Kegiatan ini memberikan manfaat serta inovasi sebagai strategi pemasaran untuk menyusun rencana tindak lanjut dalam menjalankan bisnis online pada UMKM Di Desa Cikuntul.