PENGEMBANGAN STRATEGI UMKM PADA DIGITALIASI MELALUI SOSIAL MEDIA DI DESA CIKUNTUL

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Di era digital, semakin banyak pengguna internet untuk perdagangan akan memudahkan munculnya bisnis baru sebagai start-up. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di bidang perdagangan dan jasa untuk kebutuhan sehari-hari yang sebagian besar bersifat online. Memanfaatkan teknologi pemasaran yang mengubah jalur tradisional menuju e-commerce. Keterbatasan pendidikan dan pengetahuan sebagian penduduk membuat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sulit menjual produknya. Hingga saat ini pemasaran produk untuk dijual kepada UMKM di desa Chikuntul ini hanya dilakukan melalui pasar tradisional atau dengan mengandalkan warung makan dan dari mulut ke mulut. Dengan cara tradisional, walaupun penghasilan Anda kecil, Anda bisa meningkatkannya. Usaha kecil dan menengah (UMKM) berkembang menjadi era di mana teknologi informasi sudah digunakan. Menghadapi situasi ini, perlu diadakan pelatihan-pelatihan pemanfaatan e-commerce sebagai alternatif solusi inovasi pemasaran untuk membimbing UMKM dalam meningkatkan pendapatannya. Untuk mempromosikan potensi pasar yang lebih besar

Diterbitkan

2023-01-25