STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM TELUR ASIN DI DESA CIKUNTUL KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN KARAWANG
Abstrak
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah implementasi dan pengabdian kepada masyarakat dan termasuk dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan KKN dengan melakukan pembinaan terhadap sebuah usaha mikro (UMKM) yang bernama Telur asin. Dalam konteks usaha, Digital Marketing merupakan salah satu media pemasaran yang sangat penting dan memberikan pengaruh yang sangat besar pada sektor UMKM. Dengan menggunakan digital marketing, UMKM Telur asin dapat menjangkau konsumen bukan hanya dari dalam desa saja, melainkan bisa sampai luar kota bahkan luar negeri, dengan memanfaatkan digital marketing, Telur Asi dapat menarik minat konsumennya melalui konten-konten di media sosial, seperti menampilkan foto produk yang menarik, Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran akan menunjukkan peningkatan minat konsumen kepada usaha mikro binaan yang diindikasikan dengan meningkatnya pesanan dan omset usaha mikro binaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi manfaat bagi para pelaku UMKM untuk menuju masyarakat yang mandiri dan berdikasi sehingga menjadi solusi dari masalah UMKM yang ada