STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI DESA KUTAMAKMUR KECAMATAN TIRTAJAYA KABUPATEN KARAWANG
Abstrak
Program KKN ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan sentuhan ilmu dan teknologi, serta meingkatkan dan mengembangkan ekonomi lokal masyarakat melalui manajemen usaha dan strategi pemasaran pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa kutamakmur Kecamatan tirtajaya Kabupaten karawang. Target khusus dari pengabdian ini adalah
- untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tehadap pengelolaan manajemen, penataan administrasi dan keuangan yang baik dan benar,
- untuk meningkatkan kemampuan strategi pemasaran pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produk atau usaha yang fokus pada kualitas, kemasan, harga, dan saluran distribusi,
- untuk meningkatkan pendapatan dan pengetahuan masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola usaha
Langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan memberdayakan masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bentuk pelatihan pengelolaan manajemen, administrasi, keuangan usaha, serta strategi pemasaran produk yang baik dan benar, sehingga diharapkan kualitas, kemasan, harga mampu bersaing dan perluasan saluran distribusi melalui media sosial. Hal ini tentunya mendorong meningkatnya pendapatan mayarakat pelaku UMKM. Pemberdayaan dilakukan melalui metode pelatihan dan pendampingan terhadap masalah yang dihadapi oleh UMKM. Pelatihan dan pendampingan ini akan dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik yang terdiri dari disiplin ilmu administrasi, manajemen dan akuntansi. Target inti dari kegiatan KKN Tematik ini adalah terwujudnya manajemen usaha dan strategi pemasaran yang baik, sehingga mampu meningkatkan
pengetahuan dan pendapatan masyarakat UMKM di Desa Sogu Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara