PERENCANAAN MARKETING 4.0 MELALUI ANALISIS SWOT PADA UMKM ADI BAG STORE

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Marketing 4.0 menggunakan pendekatan pemasaran dengan cara mengkombinasikan interaksi online, offline, style dan substance, mengembangkan konektivitas machine-to machine dan artificial intelligence dalam rangka mendongkrak produktivitas. KKN di desa Pisangsambo lebih memfokuskan kepada mitra pelaku UMKM yang memiliki produk unggulan salah satunya yaitu dompet, namun masih terkendala pemasaran secara online melalui flatform digital. Tujuan penelitian untuk meningkatkan skala usaha UMKM di desa Pisangsambo dalam menghadapi tantangan dan peluang usaha di era Marketing 4.0 guna mengoptimalkan penjualan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu fenomena untuk mengetahui bagaimana pengembangan dilihat dari peluang UMKM tersebut dengan mengajak pelaku UMKM dan Instansi terkait untuk melakukan FGD (focus group discussion). Hasil Analisis SWOT di Lingkungan Eksternal dan Internal diketahui bahwa terdapat beberapa masalah dan hambatan dalam proses yang dialami UMKM Adi Bag Store. mulai memperbaikinya lewat produksi dan juga bahan baku yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan didalam Matrik SWOT. Beberapa pilihan alternatif strategi pemasaran yang bisa digunakan seperti memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan

 

Diterbitkan

2023-01-24