IMPLEMENTASI PASAR DESA BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UMKM DI DESA TELUKBANGO
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada tahun ini diadakan secara offline, dikarenakan wabah pandemi covid 19 yang sudah mereda. Dampak Di masa pandemi covid 19 yang telah menyebar di Indonesia sungguh meresahkan masyarakat terutama masyarakat yang berada di daerah karawang salah satu nya di desa Telukbango. Desa Telukbango juga merupakan salah satu desa yang sempat ada permasalahan yang dimiliki pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di desa Telukbango kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang yaitu masih menjalankan usahanya dengan sistem tradisional, belum memiliki media promosi dan pemasaran serta belum memiliki keterampilan yang memadai dalam menggunakan media berbasis website.Tujuan kegiatan ini agar para pelaku usaha memiliki media promosi dan pemasaran yang efektif bagi peningkatan penjualan produknya.Metode pendekatannya adalah pelatihan dan pendampingan dengan konten pembuatan platform e-commerce pasar desa digital berbasis website,fungsi dan fitur media berbasis website,dan memberikan bekal keterampilan yang memadai tentang cara menggunakan medianya. Hasil keterampilan dalam hal pembuatan, pemanfaatan media berbasis website dengan indikator telah terwujudnya media online dan sekaligus diuji coba untuk kegiatan promosi dan pemasaran produk dari merekanya.